Selasa, 12 April 2011

Saudi akan Bangun Gedung Tertinggi Sejagat

Saudi akan Bangun Gedung Tertinggi Sejagat
Keluarga Kerajaan Arab Saudi hari ini mengungkapkan rencana mereka membangun gedung tertinggi di dunia.

Gedung dengan nama “Menara kerajaan” itu akan memiliki tinggi 1,6 kilometer. Ini akan menggusur rekor sebelumnya yang dipegang Burj Khalifah di Dubai, Uni Emirat Arab, yang mempunyai ketinggian 828 meter. Menara Kerajaan ini bakal dilengkapi sejumlah hotel, perkantoran, apartemen mewah, dan sebuah pusat belanja.

Saking tingginya, untuk mencapai puncak gedung dengan menggunakan lift butuh waktu sekitar 12 menit. Proyek bergengsi dan ambisius itu menelan anggaran US$ 12 miliar atau sekitarRp 103,44 triliun.

Pembangunan ini dibiayai oleh Kingdom Holding Company, perusahaan terbesar milik keluarga kerajaan. Mereka menggandeng Adrian Smih + Gordon Gill Arichitecture, perusahaan asal Amerika Serikat yang merancang Burj Khalifah.


Menurut arsitek spesialis gedung-gedung tertinggi, Emaar, Menara Kerajaan itu akan dibangun di luar kota pelabuhan Jeddah. Ini bakal menjadi mascot bagi kota berpenduduk sekitar 80 ribu jiwa itu.
Namun menurut Wakil Pemimpin Redkasi the Architects’ Journal Rory Olcayto, perlombaan menciptakan gedung pencakar langit merupakan perbuatan sia-sia. “Gedung-gedung ini kehilangan arti dan hanya merupakan simbol cara berpikir usang,” katanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar