Rabu, 29 Desember 2010

Taukahkamu Berat Badan Rata-rata Pria Meningkat 7,7 Kg dalam 14 Tahun

Oxford, Gaya hidup tidak sehat menyebabkan para pria masa kini banyak mengalami kelebihan berat badan dan obesitas. Dibandingkan tahun 1986, berat badan rata-rata pria Inggris pada tahun 2000 telah meningkat hingga 7,7 kg.

Peningkatan tersebut lebih tinggi dari dugaan sebelumnya. Berdasarkan perbandingan pola makan pria Inggris pada tahun 1986 dengan tahun 2000, para ahli memperkirakan peningkatan berat badan rata-rata pada pria hanya sekitar 4,7 kg.

Peningkatan berat badan dipicu oleh pola makan yang makin banyak mengandung kalori, namun tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup. Kebanyakan para pekerja kantor hanya duduk sepanjang hari, namun porsi makannya tidak pernah disesuaikan.

Tidak hanya pada pria, peningkatan berat badan rata-rata juga dialami oleh para wanita di Inggris meski angkanya lebih sedikit. Pada periode yang sama yakni antara 1986 hingga 2000, terjadi peningkatan berat badan rata-rata 5,4 kg pada wanita.


Data ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Oxford University belum lama ini. Hasil penelitiannya termuat dalam laporan yang dipublikasikan dalam edisi terbaru British Journal of Nutrition.

"Orang-orang zaman sekarang lebih banyak mengendarai mobil, jarang bersepeda dan melakukan pekerjaan yang tidak banyak melibatkan aktivitas fisik," ungkap salah satu peneliti, Dr Peter Scarborough seperti dikutip dari BBC, Selasa (28/12/2010).

Dr Scarborough juga mengungkap jumlah penderita obesitas di Inggris terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2008 jumlahnya mencapai 25 persen dari seluruh populasi, meningkat 3 kali lipat dari tahun 1986 yang hanya 7 persen.

Obesitas dan kelebihan berat badan (overweight) diketahui merupakan faktor risiko sindrom metabolik. Ancaman yang mengintai orang dengan indeks massa tubuh tinggi antara lain diabetes serta berbagai masalah jantung dan pembuluh darah termasuk stroke dan serangan jantung.

(up/ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar