Selasa, 21 Desember 2010

5 Most Devastating Underwater Volcanoes

Underwater gunung berapi juga dikenal sebagai Submarine gunung berapi yang ditemukan di bawah laut dan umumnya dapat mengeluarkan ke udara setelah letusan. Underwater gunung berapi terbentuk ketika batuan cair meletus celah bawah air planet bumi. Mereka biasanya ditemukan dekat daerah pergerakan lempeng tektonik. Banyak gunung berapi bawah laut telah menimbulkan kekacauan oleh orearthquake letusan dengan menghancurkan berbagai tempat di dekatnya meninggalkan banyak tunawisma.

1. Coast of Tonga


Hunga Tonga terletak sekitar 30km dari Pulau Falcon. Volcano terletak sekitar 65 kilometer di atas zona sangat seismik. Banyak gunung berapi bawah laut telah meletus di sini gunung berapi yang pertama meletus di sini adalah pada tahun 1912 gunung berapi ini meletus pada tanggal 18 maret 2009 disebabkan karena mencairnya dua lempeng tektonik menggunakan jumlah berlebihan panas dan tekanan yang mengakibatkan letusan besar. Volcano memanjang dari Selandia Baru ke utara-timur ke Fiji.


2. Loihi Volcano, Hawaii


Loihi adalah sebuah gunung bawah laut yang terletak di selatan-barat Pulau Tinggi di Hawaii naik sekitar 3000meters di atas Samudera Pasifik. Hal ini juga tahu sebagai gunung api termuda. Loihi pertama kali ditemukan pada tahun 1970 namun para ilmuwan mengklaim menjadi gunung bawah laut normal, tapi Loihi terbukti merupakan gunung berapi aktif kemudian pada tahun 1996 di mana letusan pertama terjadi. Dan sejak gempa bumi itu kecil telah memukul seluruh akibat letusan gunung berapi. Para ilmuwan sangat percaya bahwa hal itu dapat memecah permukaan kapan saja dari 10 sampai 10.000 tahun.

3. Eldfell Volcano, Iceland


Eldfell terletak lebih dari 600 kaki tinggi di Pulau Heimaey, Islandia. Letusan gunung berapi Banyak telah terjadi di sini karena terletak di atas bukit Atlantik pertengahan, di mana utara Amerika dan Eurasia yang bergerak terpisah selama hotspot Islandia banyak menyebabkan letusan gunung berapi. Pertama pernah letusan gunung berapi terjadi pada bulan Januari 1973 di kota Islandia dari Vestmannaeyjer. Letusan berlangsung di tiba-tiba tanpa orang mengkhawatirkan kota ini. Ini menghancurkan seluruh kota dan Pulau Heimaey segera diungsikan ..

4. Yasur Volcano, Vanuatu


Yasur gunung berapi terletak di Pulau Tannu, Vanuatu Letusan yang pernah pertama kali ditemukan di sini adalah pada tahun 1774. Yasur adalah gunung berapi yang paling aktif Vanuatu. Its telah meletus sering selama 800 tahun terakhir. Letusan dimulai dengan gelombang kejut yang kuat penyebaran awan besar merokok di mana-mana. Kemudian ada ledakan besar sesak batuan cair. Selama siang hari mereka gelap dan abu-abu tetapi selama malam mereka dikelilingi oleh warna oranye.

5. Sumatra, Indonesia


Sumatera adalah pulau yang terletak di Barat Indonesia. Ini adalah pulau terbesar di Indonesia dan dunia Pulau keenam terbesar di dunia. Sumatera dibentuk oleh panjang rantai pegunungan dan itu adalah 4.600 meter dan mencakup dasar 50kms dengan diameter di bawah permukaan laut. Ada sekitar 90 gunung berapi dalam kisaran ini dan 15 dari mereka yang aktif. Gempa bumi bawah laut muncul di sini adalah tanggung jawab utama yang terkena tsunami dan mengguncang Asia pada tahun 2004.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar